Perkembangan ekonomi Indonesia saat ini
memang masih harus terus ditingkatkan. Dalam jangka panjang, peran
Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia memang harus diakui pasalnya
jumlah UKM di Indonesia memang lebih dominan dibandingkan dengan para
Pengusaha Besar yang jumlahnya hanya segelintir. Namun, ditinjau dari
berbagai aspek ternyata fakta menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia
lebih dikuasai oleh beberapa Pengusaha Besar saja. Yang sesungguhnya
monopoli pasar tersebut dapat lebih labil terhadap goncangan pasar
dunia.
Untuk itu, harus ada pendekatan dan pemberdayaan bisnis Indonesia ke
arah yang lebih maju. Yang terpenting saat ini adalah melakukan
pemberdayaan sosok UKM. Penerapan sistem pemasaran yang masih
tradisonal, permodalan yang relatif rendah, miskin akan inovasi dan
jaringan promosi, teknologi yang cenderung konvensional menjadikan sosok
UKM susah berkembang. Oleh karena itu, sosok UKM harus diubah menjadi
sosok yang siap berkembang bersama-sama dengan pengusaha besar.
Dengan demikian, pendekatan bisnis Indonesia yang
paling cocok adalah pendekatan bisnis dengan sistem waralaba atau
franchise. Sistem ini dapat menjadi alternatif pemberdayaan UKM di
Indonesia. Melalui sistem ini UKM akan mendapat pengarahan dan
keuntungan-keuntungan lain dari para franchisor yaitu dalam hal
managemen, rahasia produksi produk , kepastian pasar, pengawasan yang
bermutu, pasokan bahan baku, promosi dan lain-lain sebagainya. Melalui
proses kemitraan waralaba di harapkan bisnis di Indonesia dapat semakin
berkembang dan menunjukkan hasil yang cukup signifikan.Dalam urusan bisnis waralaba. Bisnis waralaba makanan ternyata menjadi bisnis yang paling diminati. Waralaba di bidang kuliner memang tergolong murah. Selain itu, bisnis ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan bisnis di bidang lain salah satu keunggulan yang terpenting adalah tingkat resiko kegagalan bisnis ini sangatlah rendah, bahkan bisa mendekati nilai nol. Misalnya saja, Pizza merupakan makanan bergengsi yang banyak diminati banyak kalangan.Misalnya, Radja Pizza yang menawarkan kelezatan pizza yang tidak asing di lidah masyarakat Indonesia.
Sumber: http://radjapizza.com/bisnis-indonesia-paling-cocok-dengan-sistem-waralaba.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar